Translate

banner image
banner image

Menerima Input Keyboard dengan BufferedReader dan Scanner


Agar program lebih interaktif dibutuhkan input dari keyboard. Ada beberapa cara untuk menerima input, baik dari Console ataupun dari GUI. Kesempatan kali ini kita bahas yang versi console yaitu Buffered Reader dan Scanner.

A. BufferedReader


  1. import java.io.BufferedReader;  
  2.   
  3. import java.io.IOException;  
  4.   
  5. import java.io.InputStreamReader;  
  6.   
  7. public class GetInputFromKeyboard  
  8.   
  9. {  
  10.   
  11. public static void main( String[] args ){  
  12.   
  13. BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(  
  14.   
  15. System.in) );  
  16.   
  17. String name = "";  
  18.   
  19. System.out.print("Please Enter Your Name:");  
  20.   
  21. try{  
  22.   
  23. name = dataIn.readLine();  
  24.   
  25. }catch( IOException e ){  
  26.   
  27. System.out.println("Error!");  
  28.   
  29. }  
  30.   
  31. System.out.println("Hello " + name +"!");  
  32.   
  33. }  
  34.   
  35. }  

B. Scanner
Untuk menggunakan class scanner sebagai pembaca masukan dari keyboard ada beberapa hal yang harus dilakukan:
  1. Melakukan import class:
    import java.util.Scanner;
  2. Membuat object dari class scanner:
    Scanner input1 = new Scanner(System.in);
  3. Gunakan method pada object untuk membaca masukan sesuai type data yang ingin dibaca:
    Contoh:
    nama = input1.nextLine(); //untuk membaca masukan String
    usia = input1.nextInt(); //untuk membaca masukan integer
Berikut adalah program lengkap, yang menggunakan class Scanner sebagai fasilitas user input melalui konsol keyboard:
import java.util.Scanner;
public class inputScanner2 {
public static void main(String[] args) {
int usia; String nama;
System.out.println("Nama:");
Scanner input1 = new Scanner(System.in);
nama = input1.nextLine();
System.out.println("Usia:");
usia = input1.nextInt();
System.out.println("Nama Anda : " + nama);
System.out.println("Usia Anda : " + usia + "\n");
}
}
Perhatikan program di atas, dapat kita lihat bahwa untuk menggunakan class scanner pertama-tama harus dilakukan penulisan;  import java.util.Scanner;  . Selanjutnya dibuat object tipe Scanner dengan nama input1 dengan instruksi sbb;  Scanner input1 = new Scanner(System.in);    .  Melalui object input1 tersebut kemudian dilakukan pembacaan masukan pengguna dengan instruksi: nama = input1.nextLine();  untuk membaca masukan berupa String. Dengan demikian sekarang variable nama akan berisi masukan dari pengguna yang dilakukan melalui keyboard. Sedangkan untuk membaca masukan berupa angka (integer) dapat dilakukan dengan mengganti kata nextLine() dengan kata nextInt. Pada program di atas contoh penggunaannya melalui instruksi: usia= input1.nextInt();

Sumber :
http://agusraze.blogspot.com/2014/01/program-java-cara-mendapatkan-input.html
http://auguryel.wordpress.com/2013/04/24/2-java-class-scanner-sebagai-fasilitas-user-input-melalui-konsol-keyboard/
Menerima Input Keyboard dengan BufferedReader dan Scanner Menerima Input Keyboard dengan BufferedReader dan Scanner Reviewed by Dsyech on 18:11 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.